Belajar, Mengajar, dan Mendidik

Guys, akhirnya, kesampean juga aku ngajar anak eSDe. Privat. Wew!

Ini impian, boi..

Dari dulu pengeeeeeeen….. banget rasanya ngajar anak sd. Yaa…secara aku juga gak punya adek. Jadi penasaran gimana rasanya ngajarin anak kecil.

Kenapa sasaran aku anak esde? Berasa pedofil banget ya? 😛

Soalnya, karena eh karena, dapat merusakkan pikiran. Hehehe… Maksudnya, waktu yg tepat untuk mendoktrin anak2 itu ya selagi esde ntu. Pola pikir mereka harus sudah dibentuk positif sedari kecil. Kalo udah gede, susah ngubahnya…

*Nah, justru itulah, hentikan perbuatanmu itu Jol, demi kemaslahatan umat! Ntar yang ada pemikiran mereka bukannya jadi positif malah negatif, lagi!*

Sial…

Eh, tapi anak zaman sekarang kebanyakan dieksploitasi yah? Masa’ sekarang kelas 1 udah ada IPA aja… Perasaan dulu jaman eyke masih muda, IPA baru nongol waktu kelas 3 deh. Kan jadi ngebanyak2in bawaan buku di tas tuh… Kasian, mereka masih kecil. Ntar bungkuk gimana, coba? Gara2 keberatan tas. Ckckck…

Trus, anak yg aku ajar ntu masih kelas 2 esde. Kasian banget ya, masih kelas 2 udah disuruh les. Padahal masa2 usia segitu seharusnya mereka masih bebas untuk nikmatin sore hari. Merasakan curi2 tambahan waktu main di kala orang tua mereka udah teriak2 nyuruh mereka mandi (pengalaman pribadi ya Jol? Iya…) Atau memanfaatkan waktu luang dengan melatih fisik mereka sendiri, kayak bangsanya manjat pu’un, lompat tali, kejar2an ama temen (India banget ya? Tinggal tambahin tiang aja buat gelayutan…), maen kelereng, engklek, apa pun deh! Kan lumayan tuh…bermain sambil belajar plus olahraga.

Jadi inget kata2 Pak Andre, dosen pembimbing TA aku. Waktu tingkat 3 dulu, beliau pernah protes di depan kelas, kenapa waktu kuliah kita padet banget. Lupa pemicunya apa, tapi beliau bilang, kasihan mahasiswa, jadi kurang waktu untuk rekreasi ilmiah. Baca2 buku di perpus gitu, maksudnya… (mantap kali lah si bapak ni…) Waktu itu sih kita cuma ketawa2 aja, tapi dipikir2 bener juga ya? Sekarang jadi mule kerasa (agak2) nyesel, kenapa dulu baca text book-nya kurang banget… 😦

OK, back to Naya.

Siapa Naya? Anak yang kamu ajar itu?

Yep! Dia masih esde, tapi yang aku rasain sih semangat belajarnya emang agak kurang. Terus, dia (menurut informasi ibunya) masuk ke deretan 17 siswa yang terpilih tersisih gara2 kurang dalam ngikutin pelajaran, jadi suka dapet pelajaran tambahan gitu lho. Terus, dia masih hobi banget nyontek temen. Heran…dapet ajaran dari manaaa anak kelas segitu udah pinter nyontek. Temennya kok juga mau ajaaa dicontekin. Hadeeeeh….

Makanya, itu tugasmu Vin! Jadikan dia generasi bangsa yang gak rapuh. Demi Tuhan, bangsa, dan almamater.

Insya Allah –> janji seorang muslim

*semangat berkobar-kobar, api menyala-nyala* 😯

Lumayanlah, walopun tadinya dia udah ketinggalan jauh banget, terutama di matematika sama bahasa Inggris, setidaknya sekarang dia udah bisa perkalian 1-5, 10, 11, sama nyebutin huruf dan beberapa vocab dalam bahasa Inggris. Tetap dalam perdjoengan. Walaupun ya itu tadi, semangatnya parangin-angin alias angin2an.

Untung ibunya bilang gini,”Untung Naya les ya.”

Bukan bilang:

“Duh, kenapa Naya pake diles-in ya?” 😀 😆 😀

Tapi beneran deh, aku pribadi bener2 dituntut untuk mikir, gimana caranya biar dia bisa gampang ngapalin perkalian, gimana caranya dia paham bahasa Inggris, gimana caranya ngilangin kebiasaan nyonteknya itu. Biasanya sih kita belajar sambil maen, game kecil2an lah, misalnya perkalian dibuat jadi kayak game “menjodohkan” pake kartu yang dibuat dari duplex biasa ama kertas warna-warni. Ngebuatnya dibantuin ama Kamel waktu itu, jadi makin semangat deh! Trus kadang kita sambil nyanyi2, aku nyanyi, dia maenin pianikanya. Dia means Naya, bukan Kamel. Catet!

“My eyes, my ears, my nooooose, my mouth…”

♪                            ♫

Asik lah ngajar anak esde. Banyak seninya. Pernah waktu itu dia kayaknya udah capek banget, trus jadi cepet bosen, jawabnya pun mule asal-asalan. Aku juga lagi PMS kayaknya, jadi gak gitu atraktif banget. Akhirnya, terakhir sebelom aku pulang, aku pangku dia sambil nanya pelan2 ‘perkalian 3’. Kyahahaha…teuteup…nanyanya pelajaran. Pasti kalian ngira aku bakal ngasih wejangan atau nasihat gitu ya? Mikir jorok kalian.  😀 Toh sebenernya dia juga udah apal. Cuma mungkin cara aku waktu itu kurang nyeni aja. Tapi dia manis banget deeeh waktu itu. Jadi pengen nyulik punya anak. Kyahahaaa….candaaaa…. 😛

Padahal waktu kecil itu adalah waktu emas untuk nyari bakat lho.

*Trus kamu tau bakatmu apa Jol?*

Enggak. Hehe… tapi setidaknya waktu kecil dulu aku ikut nari sama ensamble music, bagian recorder. Lumayan laaah… Setidaknya saya gak pernah absen dari panggung tiap perpisahan. Ahey!

Itulah mengapa saya ikutan KPA (Keluarga Paduan Angklung) di kampus. Ceritanya sih pengen mengenang masa kecil dulu, waktu TK kan aku pernah main angklung juga. Setidaknya dari kecil saya sudah suka bersenang-senang… :mrgreen:

…dan ini video KPA yang diupload sama Kak Ivan di youtube waktu main “Mission Impossible” di Sabuga pas wisudaan. Kalo gak salah aku masih tingkat 1 waktu itu. Masih lucu2nya. 😛 Check it out.

Keren kan? Keren ya? Keren doooong….

Makanya, jangan anggap sepele masalah anak kecil. Jadi inget kata2 ini: “Kalo osjur gagal, salahkan panitianya.” Begitu juga dalam hal ini, kalo anak2 gagal, salahkan orang tuanya. Eh?

Udah ah, takut dibilang durhaka, ntar kuwalat, lagi…

Je me chouce. À bientôt.

2 pemikiran pada “Belajar, Mengajar, dan Mendidik

Tinggalkan komentar